Cara Membuat Pencahayaan yang Tepat untuk Pemotretan di Bawah Air

Mengerti photografi bawah air bermakna tahu langkah kerja lampu untuk pastikan photo yang indah serta berguna. Kami bicara dengan photografer bawah air profesional William Tan untuk pelajari beberapa cara efisien memakai sinar dalam photografi bawah air serta langkah memperoleh pemotretan yang prima.

Apa persiapan ( photografi flash ) yang dibutuhkan sebelum menyelam?


Tetap kerjakan beberapa pemotretan sesudah Anda mengendalikan camera untuk pastikan jika strobo (flash bawah air yang membuat sinar bikinan untuk menerangi subyek Anda) berperan dengan baik. Pun, check ketidaksamaan visual saat mengarahkan strobo pada kemampuan paling rendah serta paling tinggi mereka untuk pastikan jika skema elektroniknya sudah berperan. Lebih baik menjumpai permasalahan serta diperbaiki sebelum menyelam.

Inilah beberapa ketentuan pencahayaan basic untuk photografi bawah laut


Untuk photografi makro, pakai strobo untuk menerangi sisi hewan yang sangat menarik atau semua hewan. Anda dapat juga memberikan lampu berwarna untuk lengkapi photo tiada mengakibatkan masalah. Saya suka pada strobo tiada diffuser supaya mata ikan terlihat sejernih kristal, sesaat photografer lainnya mungkin lebih senang menggunakan diffisuer untuk kesan-kesan yang lebih lembut, seperti mimpi.

Cara Membuat Pencahayaan yang Tepat untuk Pemotretan di Bawah Air


Bila Anda memphoto pojok lebar, pakai strobo untuk kembalikan warna photo. Sinar alami mesti masih jadi sumber sinar penting Anda. Pakai diffuser pada strobo untuk memperoleh cahaya yang lebih luas.

Apakah yang perlu dikerjakan serta dijauhi dalam memotret photografi dibawah air?


Tetap check peluang susunan karang yang menonjol yang mungkin ada diantara strobo serta subyek Anda. Cocokkan tempat strobo Anda hingga menyinari subyek Anda, bukan karang.Tetapkan awal mulanya jarak pemotretan paling dekat yang mungkin serta mengatur strobo Anda. Dengan langkah tersebut, strobo akan tidak menyala di belakang subyek waktu Anda mulai ambil tempat.Janganlah menerangi hewan yang sensitif pada sinar lebih lama dari yang dapat diterimanya.

Bagaimana cara menghambat flash yang mengagetkan makhluk-makhluk bawah laut ini?


Umumnya, ledakan sinar sepersekian detik dari strobo kita tidak mencengangkan sejumlah besar makhluk bawah laut. Akan tetapi, lampu tujuan kontinu yang kuat serta Light Shaping Piranti (LSD) betul-betul mengganggu sejumlah besar dari mereka. Bila subyek photo Anda melarikan diri, mungkin yang terunggul ialah mematikan daya piranti ini, atau mematikannya seutuhnya.

Hiu perontok ialah hewan laut dalam - mungkin lebih baik tidak untuk memakai semua bentuk lampu sorot atau lampu video pada mereka; ikan kodok serta gurita cincin biru kedua-duanya peka pada sinar, jadi naikkan ISO Anda serta pakai penyusunan sinar yang rendah pada strobo Anda waktu menyoroti hewan-hewan ini; hiu macan dapat jadi lebih liar dari umumnya saat mereka rasakan sinyal-sinyal listrik dari lampu sorot serta lampu yang menyala terus-terusan - Anda ingin memutuskan apa butuh menyalakan lampu bila bertemu dengan mereka.

bagaimana tips temukan sudut yang sempurna untuk pencahayaan?


Sebetulnya tidak ada pojok strobo yang prima yang pas untuk semua peluang. Akan tetapi, saat memakai strobo tunggal, coba posisikan diatas camera Anda, tujukan seputar 45 derajat ke bawah. Mengambil bidikan eksperimen, lantas cocokkan tempat strobo sampai Anda memperoleh pencahayaan yang pas.

Waktu memphoto dengan dua strobo pada pojok lebar, mengatur strobo pada jarak terpisah di ke-2 bagian serta dikit di belakang port lensa Anda (tidak lebih jauh dari bodi camera Anda), tujukan ke depan bila visibilitas air baik, atau putar dikit mengarah luar bila visibilitas air kurang maksimal.

Waktu memphoto dengan dua strobo pada level makro, mengatur strobo di ke-2 bagian port lensa, tujukan dikit ke. Ini mesti meliputi sejumlah besar pojok yang mungkin pada subyek Anda. Bila subyek Anda ada lebih jauh, jadi pisahkan strobo dari jarak yang lebih jauh.

apakah mesti memanfaatkan beberapa jenis pencahayaan sesuai dengan sifat air?

Sinar makin lemah waktu berjalan lewat air. Bergantung pada visibilitas air, strobo umumnya jadi "begitu tidak bermanfaat" saat subyek Anda lebih dari dua mtr.. Saat visibilitas jelek, berjalan lebih dekat ke subyek Anda akan menolong kurangi backscatters. Saat visibilitas baik, Anda akan terperanjat dengan begitu detailnya strobo Anda, dengan pencahayaan penuh serta penyusunan aperture yang benar, bisa menerangi subyek Anda walau jaraknya cukuplah jauh.